Langsung ke konten utama

SARJANA TEKNIK SEKOLAH TINGGI TEKNOLOGI BANDUNG (STTB), SIAP BERSAING DALAM DUNIA KERJA



Wisuda XIII STTB (sumber foto: Rahmi Aulia Hidayat)

Sabtu, 8 Desember 2018, menjadi hari bersejarah bagi 183 mahasiswa dari Sekolah Tinggi Teknologi Bandung. Pada hari ini mereka yang terdiri dari 106 orang lulusan fakultas Teknik Industri dan 77 Teknik Infomatika berhasil melewati jenjang pendidikannya dan mendapat gelar Sarjana.
Acara wisuda yang diselenggarakan di Harris Hotel & Conventions Festival Citylink, Bandung. Rangkaian acara berjalan dengan lancar dan khidmat dengan diawali Tari Jaipongan Makalangan yang dibawakan oleh mahasiswi STTB. Dilanjut dengan sambutan, prosesi pelantikan wisudawan, hingga acara penandatanganan MOU lakukan kerjasama dengan STTB.
 
Tari Jaipong Makalangan (sumber foto: Rahmi aulia Hidayat)
Selayang Pandang Sekolah Tinggi Teknologi Bandung
Ketua STTB, Bapak Muchammad Naseer, S. Kom., M.T. menyampaikan dalam sambutannya, bahwa STTB berdiri pada tanggal 5 Oktober 1991 dengan Surat Keputusan Dirjen DIKTI No. 197/DIKTI/Kep/1992. Sekolah ini memiliki tujuan menghasilkan sarjana dan tenaga ahli yang kompeten, sehingga mampu menghadapi tantangan global.
Ketua STTB, Bapak Muchammad Naseer, S.T., M.T. (sumber foto: Eva Sri Rahayu)

Hingga saat ini, STTB telah berhasil mencetak 1355 Sarjana yang berasal dari 3 jurusan, yaitu Teknik Industri, Teknik Informatika, dan Desain Komunikasi Visual. Para mahasiswa yang berasal dari berbagai daerah Indonesia dan luar negeri seperti Sumatera, Sulawesi, Papua hingga Qatar dan Malaysia telah berhasil masuk beberapa perusahaan untuk mengaplikasikan ilmu yang telah diperolehnya.
Tenaga pengajar yang dimiliki oleh STTB juga memiliki kompetensi profesional. Dosen yang berjumlah 120 orang ini telah ikuti pendidikan S2 hingga S3. Hal ini tentu mengingkatkan kualifikasi tenaga pengajar yang akan mendidik para mahasiswa.

Kerjasama STTB dengan Lembaga Profesional Lain
Dalam acara Wisuda XIII STTB ini diadakan juga penandatanganan MOU dengan beberapa lembaga sebagai mitra untuk meningkatkan kualitas pendidikan. Diantaranya bersama Universitas Nasional PASIM, PT. POS, Bank Sampah Bersinar, PT. SLU, CMYK, dan HUNGCHI Taiwan.
Penandatanganan MOU (sumber foto: Rahmi Aulia Hidayat)

Hubungan kerjasama dengan beberapa perusahaan atau lembaga baik pemerintah ataupun swasta menjadi kesempatan bagi mahasiswa untuk mengembangkan potensinya. Kesempatan kerja yang terbuka lebar akan diperoleh bagi mereka yang mampu berkompetisi sehat saat lakukan kegiatan magang atau penelitian yang berhubungan dengan tugas perkuliahan.
Sebagai salah satu contoh, saat ini ada 13 orang mahasiswa yang mengikuti program intership di Taiwan. Ini menjadi peluang emas bagi mereka untuk dapat belajar dan bekerja. Kabar bahwa mereka mendapat penghasilan sekitar 4-6 kali lebih besar dari UMR Bandung tentu menjadi bonus yang luar biasa.
Dalam acara wisuda ini juga disampaikan orasi ilmiah oleh dr. Cyrille, dari SCHWOB,APAC Head of Research & Technology Development at Airbus. Dia menyampaikan bahwa peluang kerja dalam teknologi terbuka lebar bagi para mahasiswa yang mau bekerja keras.

Prestasi Para Mahasiswa
Tagline “Your Partner to Global Competition” menjadi spirit dari STBA. Ini terbukti dari banyaknya prestasi yang diraih oleh para mahasiswa. Baik yang berhubungan dengan akademik maupun non akademik.
Pemberian penghargaan mahasiswa berprestasi (sumber foto: Rahmi Aulia Hidayat)

Prestasi gemilang pernah ditorehkan oleh Tina Sri Handayani, S. T. Mahasiswi Teknik Informatika ini berhasil meraih Medali Emas pada cabang olahraga Lari 200 m, Medali Perak Lompat Jauh, dan Medali Perunggu Lari 100 m pada Pekan Paralimpik Daerah (PEPARDA) V 2018 yang diselenggarakan di Stadion Stadion Pekan Sari Cibinong.
Para lulusan terbaik pun berhasil terbitkan skripsi dengan penelitian yang mencengangkan. Inovasi yang penuh dengan ide kreatif muncul untuk dapat diaplikasikan dalam dunia kerja.

Selamat untuk semua Wisudawan XIII STTB, semoga sukses dan dapat menjadi generasi muda yang tangguh dan berprestasi. Harapan STTB menjadi Universitas di tahun 2022, semoga dapat tercapai agar dapat hasilkan generasi muda yang miliki kompetensi gemilang di era globalisasi masa depan.








Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Sad Ending Film Train to Busan

Sumber: urbanasia.com Hidup memang penuh tantangan! Family time di waktu libur pun diakhiri dengan ajakan anak-anak untuk nonton film thriller. Awalnya sempat menolak, karena saya “malu” kalau lihat tokoh yang serem dan ada darah-darahnya gitu (hehe). Tapi demi menyenangkan mereka, akhirnya saya setuju menerima tantangan mereka. Train to Busan. Entah apa juga sebabnya mereka memilih film ini. Tapi kemungkinan besar karena mereka penggemar Gong Yoo. Artis yang cukup terkenal di kalangan anak muda penggemar drakor yang katanya super ganteng n cool. Gong Yoon berperan sebagai seorang ayah yang miliki anak perempuan, Kim Su An. Kesibukan ayahnya menyebabkan protes dari Kim Su An pada hari ulang tahunnya. Sehingga dia pun meminta untuk diantar ke rumah ibunya, karena Gong Yoon telah bercerai dengan istrinya. Perjalanan pun dilakukan dengan menggunakan kereta. Pada awalnya, Kim Su An telah merasakan ada hal aneh, tapi setiap kali dia mau bercerita pada ayahnya selalu di

GRAND LAUNCHING CIMAHI MILITARY TOURISM

Lahir di Cimahi bukan berarti tahu dan mengerti seluk beluk kota ini. Walau sempat melihat dan rasakan keindahan Cimahi sejak kecil, tapi rasanya biasa saja, tak pernah usik rasa ingin tahu tentang ceritanya. Hadir di acara GRAND LAUNCHING CIMAHI MILITARY TOURISM, membuat kesadaran mulai muncul tentang cerita di balik setiap daerah. Menyimak paparan beberapa narasumber munculkan rasa ingin tahu tentang   sejarah kota Cimahi lebih detil. Apalagi setelah Ketua Komunitas Tjimahi Heritage , Machmud Mubarok menceritakan tentang sejarah singkat beberapa nama jalan di Cimahi. Rasanya ada beberapa memori yang tanpa sadar mengingat Cimahi di waktu dulu. Sekarang Cimahi banyak berubah, pembangunan banyak terjadi sehingga mulai terasa ada beberapa sudut kota yang menghilang tanpa tahu asal usulnya. Bangunan tua seperti gedung The Historich , rumah Sakit Dustira, stasiun Cimahi, Gereja Santo Ignasius, beberapa bangunan rumah di area markas TNI, dan banyak lagi yang lainnya, masih b

209 Mahasiswa Sekolah Tinggi Teknologi Bandung (STTB) Resmi di Wisuda

Sabtu, 11 Januari 2020, menjadi momen yang akan selalu dikenang oleh para wisudawan dan juga keluarga. Perjuangan selama belajar di sekolah tinggi favorit di Bandung akan terbayar setelah melakukan pengukuhan pada hari ini. Acara Wisuda STTB tahun ini digelar di Harris Hotel & Conventions Hall  Bojongloa Kaler, Kota Bandung. Rangkaian acara yang disusun dengan apik dan penuh khidmat berlangsung dari pukul 08.00 hingga pukul 12.15 WIB. Seremoni acara dimulai dengan tarian selamat datang dari Unit Seni Tari STT Bandung. Bapak Muchammad Naseer, S.Kom., M.T, selaku Ketua STT Bandung  membuka kegiatan dengan menyampaikan perkembangan dan berbagai prestasi yang telah diraih oleh mahasiswa serta dosen selama tahun 2019. Jumlah Wisudawan dan Lulusan Terbaik Tahun 2020 Foto: Yoestin Secara terperinci, 209 wisudawan pada acara hari ini terbagi berdasarkan program studi: 1.    Teknik Industri berjumlah 113. 2. Teknik Informatika berjumlah 70 orang. 3. Desain Komun