Langsung ke konten utama

Wisuda XVII STT Bandung 2022 Dilaksanakan 100 Persen Onsite, Mendapat Predikat Sekolah Tinggi Terbaik di Indonesia

Sekolah Tinggi Teknologi Bandung menggelar acara Wisuda XVII pada Sabtu, 21 Mei 2022 di Trans Convention Centre, The Trans Luxury Hotel. Kegiatan seremoni ini dilakukan mulai pukul 08.00-13.00 WIB secara 100 persen onsite.

Selama masa pandemi tahun 2020-2021, proses wisuda dilakukan secara online dan hybrid. Namun, tahun ini pelaksanaan wisuda dihadiri secara langsung oleh sebanyak 142 wisudawan yang terdiri dari 78 orang mahasiswa Teknik Industri, 53 orang mahasiswa Teknik Informatika, dan 11 orang mahasiswa Desain Komunikasi Visual, serta 423 pendamping.

Pada tahun ini STT Bandung kembali meraih prestasi sebagai Sekolah Tinggi nomor satu di Indonesia sejak tahun 2021. Hal ini diperoleh melalui Program Magang dan Studi Independen Bersertifikat (MSIB) yang diadakan oleh Ditjen DIKTI Kemendikbudristek. Sebanyak 136 mahasiswa terpilih tahun 2021 dan 126 mahasiswa terpilih tahun 2022 dalam program ini.

Sambutan Ketua STT Bandung

Ketua Sekolah Tinggi Teknologi Bandung, Bapak Muchammad Naseer, S.Kom., M.T, memberi sambutan pertama dengan memaparkan beberapa hal penting terkait perkembangan kampus selama tahun 2021-2022. Beberapa kerjasama yang dilakukan oleh STT Bandung di antaranya dengan:

  1. LITHAN Academy Singapore untuk program magang bagi para mahasiswa yang memenuhi kualifikasi khusus.
  2. BP2MI (Badan Perlindungan Pekerja Migran Indonesia) untuk meningkatkan kapasitas pengembangan kompetensi Sumber Daya Manusia yang akan bekerja di luar negeri.
  3. ITB STIKOM Bali dalam program dual degree untuk jurusan Teknik Informasi dan Desain Komunikasi Visual.
  4. Pemerintah Kota Bandung dan Provinsi Jawa Barat dalam bidang pendidikan, pelatihan, penelitian, pengabdian pada masyarakat, serta pembangunan SDM unggul di kota Bandung dan Jawa Barat pada umumnya.
  5. ISBI Bandung, Universitas Telkom, dan Aptikom Jabar dalam program Penerapan Tri Darma Perguruan Tinggi dan pengembangan SDM.
  6. BUMN, Pemkot Bandung, PT Alphapolymer Indonesia, Bank Mandiri, PT Jamkrindo, PT Teknologi Cakra Internasional, Agatha Internasional, Komata Indonesia, dan ada beberapa perusahaan lainnya untuk program Magang Bersertifikat Kampus Merdeka
  7. PLN dan Aptikom Jabar dalam bidang penelitian, pelatihan, dan pengabdian pada masyarakat STT Bandung bekerjasama dengan PLN dan Aptikom Jabar.
  8. Forum Human Capital Indonesia, STT Bandung juga bekerjasama dengan 107 BUMN dalam program magang mahasiswa bersertifikat, hingga Mei 2022 ini telah dilakukan 2 kali program sertifikasi yang diikuti oleh 255 mahasiswa dan alumni.
  9. Indonesia Career Center Network sebagai tempat berbagi pengetahuan, pengalaman, konsultasi, dan pengelolaan pusat karir Perguruan Tinggi. Inilah yang menjadi kesempatan bagi para mahasiswa dan alumni untuk dapat memeroleh pekerjaan atau membuka usaha dalam kurun waktu tunggu selama 45 hari.
  10. SMESHub Indonesia yang akan mendampingi inkubator bisnis STT Bandung untuk mencetak pengusaha muda yang mendunia dan program ini telah mendapat dukungan dari Menteri Pariwisata Perekonomian dan Industri Kreatif.

Bapak Naseer juga menyampaikan jika STT Bandung berupaya meningkatkan kualitas alumni dan mahasiswa dengan bekerjasama dengan Asosiasi Profesi Fotografi Indonesia Provinsi Jawa Barat. Selain itu pembentukan Unit Career Development sangat membantu para alumni dan mahasiswa dalam proses bimbingan karir baik untuk alumni maupun mahasiswa tingkat akhir, termasuk menyalurkan mereka ke dunia kerja sesuai keahliannya.

STT Bandung memiliki 170 orang dosen, 96 persen di antaranya telah memiliki gelar S2 dan S3. Tahun 2022 terdapat 10 orang dosen tetap yang sedang dan akan menempuh studi doktoral di perguruan tinggi dalam dan luar negeri. Hampir semua dosen yang menempuh pendidikan tersebut mendapat beasiswa dari LPDP Kementerian Keuangan, BPPDN Kementerian Ristekdikti, dan Beasiswa Unggulan dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Banyak prestasi yang telah diraih oleh para mahasiswa baik dalam tingkat provinsi maupun nasional. Hal ini membuktikan jika para mahasiswa mampu bersaing sehat dalam segi akademik maupun nonakademik dan dapat mengharumkan nama STT Bandung.

Tahun ini STT Bandung juga tetap berupaya untuk mengubah status Sekolah Tinggi menjadi universitas. Hal nyata yang dilakukan adalah dengan membangun kampus baru yang letaknya di sebelah gedung lama.

Setelah banyaknya berita bahagia, Ketua STT Bandung juga menyampaikan kabar duka. Salah satu mahasiswi Teknik Industri, Atiek Fauziah, meninggal dunia. Doa dipanjatkan untuk Atiek yang akan memeroleh ijazah yang diwakili oleh keluarga.

Sambutan Pembina Yayasan Lembaga Pengembangan Pendidikan Indonesia Bandung (LPPIB)

Dalam sambutannya, Prof. Dr. I Made Bandem, M.A. sebagai Pembina Yayasan Lembaga Pengembangan Pendidikan Indonesia (LPPI) Bandung menyampaikan rasa bangga dan bahagia atas pelaksanaan wisuda pada tahun ini. Beliau juga berharap untuk menjadikan Hari Kebangkitan Nasional pada 20 Mei kemarin menjadi momentum awal kebangkitan pascapandemi.

Melalui kebersamaan, flesibilitas dan kreativitas di bidang teknologi roda kehidupan dapat tetap berjalan selama pandemi. Misalnya pembuatan vaksin, kehadiran e-commerce, komunikasi virtual dan media sosial yang memanfaatkan teknologi dapat memberi manfaat untuk melangsungkan kehidupan di masa pandemi. Oleh karena itu, STT Bandung dapat menjadi bagian untuk menghadirkan SDM yang kompeten dan membuktikan jika Technology does save the world.

Sambutan kepala LL DIKTI Wilayah IV Jawa Barat dan Banten

M. Samsuri, S.Pd., M.T selaku kepala LL DIKTI Wilayah IV Jawa Barat dan Banten menyampaikan empat pesan penting dalam sambutannya, yaitu agar para wisudawan tidak berhenti belajar, senantiasa membawa nilai-nilai kerja keras dan integritas, konsistensi, dan karakter serta keyakinan yang kuat kepada Tuhan.

Selain itu, beliau juga berharap agar STT Bandung dapat segera mengubah statusnya menjadi universitas yang menekankan peningkatan kualitas lulusannya.

Sambutan dari CEO dan Founder SMESHub Indonesia 

Lutpi Ginanjar sebagai CEO dan Founder SMESHub Indonesia menyampaikan apresiasi dan dukungannya kepada STT Bandung untuk mencetak SDM yang unggul sehingga mampu bersaing dalam dunia kerja.

Lutpi juga mengungkapkan jika kelak di kemudian hari akan terjadi era disrupsi yang berakibat pada penggunaan SDM dalam dunia kerja. Akan banyak perusahaan yang beralih menggunakan mesin atau robot. Hal ini tentu harus disikapi dengan bijak dan cerdas, di antaranya yaitu dengan inovasi dan kreativitas.

Dalam kerjasamanya dengan STT Bandung, SMESHub berharap dapat bersama-sama dengan para mahasiswa mempersiapkan diri untuk menghadapi dinamika dunia kerja. Harapannya akan banyak mahasiswa yang memiliki usaha sendiri dan mampu berdayasaing tinggi dalam masyarakat.

Sambutan dari Direktur Kelembagaan Dirjen DiktiRistek Kemendikbudristek

Lukman, S.T., M.Hum selaku Direktur Kelembagaan Dirjen Diktiristek Kemendikbudristek menyampaikan pesan pada mahasiswa untuk lebih bersiap lagi dalam menghadapi dunia nyata. Setelah upacara wisuda ini maka para mahasiswa akan berkecimpung dalam kehidupan melalui dunia kerja. Sehingga harapannya ilmu yang sudah diperoleh dapat dipraktikkan.

Beliau juga berharap agar para wisudawan dan wisudawati tak hanya konsen pada keinginan menjadi pegawai suatu instansi atau perusahaan saja, melainkan harus memiliki jiwa entrepreneur.

Penghargaan Kepada Wisudawan Terbaik

Setiap tahun, STT Bandung memiliki beberapa mahasiswa berprestasi. Berikut nama-nama wisudawan berprestasi tahun 2022:

Wisudawan Terbaik

  1. Shifa Rahmawati, S.T (Teknik Industri)
  2. Dandi Supriyadi, S.Kom (Teknik Informatika)
  3. Velia Noviani, S. Ds (Desain Komunikasi Visual)

Mahasiswa dengan Skripsi Terbaik

Prodi Teknik Industri

  1. Hedi Herdian, S.T
  2. Muhammad Kahfi, S.T
  3. Rinaldy harahap, S.T

Prodi Teknik Informatika

  1. Irvan Fikriansyah. S.kom
  2. Nuhaliman, S. Kom
  3. Yayang Yudiana, S.Kom

Prodi Desain Komunikasi Visual

  1. Muhammad Ilham Fakhrudien, S.Ds
  2. Alwi Mumtaziarohman Azzali, S.Ds
  3. Khrisna Guntur Wijyaya, S.Ds

Akhirnya, satu demi satu wisudawan maju ke depan podium untuk pelantikan.

Penandatanganan MoU

Setelah upacara pelantikan, penandatanganan MoU dengan beberapa lembaga dan perusahaan baik pemerintah maupun swasta, berskala nasional maupun internasional pun dilakukan.

Di akhir acara disampaikan kesan dari salah satu perwakilan mahasiswa, janji wisudawan, pembacaan doa dan penutupan Sidang Senat Terbuka oleh  Ketua STT Bandung.

 

 


Komentar

  1. Selamat kepada wisudawan ya doanya lebih sukses dan melahirlan inovasi baru ya teeh

    BalasHapus
  2. Bangga dan salut untuk STTB karena menjadi sekolah tinggi terbaik di Indonesia. Lulusan STTB pastinya berkualitas dan mampu bersaing di dunia kerja/usaha. Semoga wisudawan terus bisa berkarya dan bermanfaat untuk masyarakat

    BalasHapus
  3. Bangga banget anak muda sekarang banyak yang berprestasi ya Mbak. Apalagi di dunia digital sekarang keahlian mereka sangat dibutuhkan. Semoga sukses untuk para wisudawan.

    BalasHapus
  4. STT Bandung goes to University, semoga di masa mendatang banyak meluluskan talenta-talenta di bidang IT.

    BalasHapus
  5. Salut memang ya dengan kampus STT Bandung ini. Prestasinya banyak. Bahkan juga meraih sekolah Tinggi terbaik di Indonesia. Luar biasa

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Sad Ending Film Train to Busan

Sumber: urbanasia.com Hidup memang penuh tantangan! Family time di waktu libur pun diakhiri dengan ajakan anak-anak untuk nonton film thriller. Awalnya sempat menolak, karena saya “malu” kalau lihat tokoh yang serem dan ada darah-darahnya gitu (hehe). Tapi demi menyenangkan mereka, akhirnya saya setuju menerima tantangan mereka. Train to Busan. Entah apa juga sebabnya mereka memilih film ini. Tapi kemungkinan besar karena mereka penggemar Gong Yoo. Artis yang cukup terkenal di kalangan anak muda penggemar drakor yang katanya super ganteng n cool. Gong Yoon berperan sebagai seorang ayah yang miliki anak perempuan, Kim Su An. Kesibukan ayahnya menyebabkan protes dari Kim Su An pada hari ulang tahunnya. Sehingga dia pun meminta untuk diantar ke rumah ibunya, karena Gong Yoon telah bercerai dengan istrinya. Perjalanan pun dilakukan dengan menggunakan kereta. Pada awalnya, Kim Su An telah merasakan ada hal aneh, tapi setiap kali dia mau bercerita pada ayahnya selalu di

GRAND LAUNCHING CIMAHI MILITARY TOURISM

Lahir di Cimahi bukan berarti tahu dan mengerti seluk beluk kota ini. Walau sempat melihat dan rasakan keindahan Cimahi sejak kecil, tapi rasanya biasa saja, tak pernah usik rasa ingin tahu tentang ceritanya. Hadir di acara GRAND LAUNCHING CIMAHI MILITARY TOURISM, membuat kesadaran mulai muncul tentang cerita di balik setiap daerah. Menyimak paparan beberapa narasumber munculkan rasa ingin tahu tentang   sejarah kota Cimahi lebih detil. Apalagi setelah Ketua Komunitas Tjimahi Heritage , Machmud Mubarok menceritakan tentang sejarah singkat beberapa nama jalan di Cimahi. Rasanya ada beberapa memori yang tanpa sadar mengingat Cimahi di waktu dulu. Sekarang Cimahi banyak berubah, pembangunan banyak terjadi sehingga mulai terasa ada beberapa sudut kota yang menghilang tanpa tahu asal usulnya. Bangunan tua seperti gedung The Historich , rumah Sakit Dustira, stasiun Cimahi, Gereja Santo Ignasius, beberapa bangunan rumah di area markas TNI, dan banyak lagi yang lainnya, masih b

209 Mahasiswa Sekolah Tinggi Teknologi Bandung (STTB) Resmi di Wisuda

Sabtu, 11 Januari 2020, menjadi momen yang akan selalu dikenang oleh para wisudawan dan juga keluarga. Perjuangan selama belajar di sekolah tinggi favorit di Bandung akan terbayar setelah melakukan pengukuhan pada hari ini. Acara Wisuda STTB tahun ini digelar di Harris Hotel & Conventions Hall  Bojongloa Kaler, Kota Bandung. Rangkaian acara yang disusun dengan apik dan penuh khidmat berlangsung dari pukul 08.00 hingga pukul 12.15 WIB. Seremoni acara dimulai dengan tarian selamat datang dari Unit Seni Tari STT Bandung. Bapak Muchammad Naseer, S.Kom., M.T, selaku Ketua STT Bandung  membuka kegiatan dengan menyampaikan perkembangan dan berbagai prestasi yang telah diraih oleh mahasiswa serta dosen selama tahun 2019. Jumlah Wisudawan dan Lulusan Terbaik Tahun 2020 Foto: Yoestin Secara terperinci, 209 wisudawan pada acara hari ini terbagi berdasarkan program studi: 1.    Teknik Industri berjumlah 113. 2. Teknik Informatika berjumlah 70 orang. 3. Desain Komun