Langsung ke konten utama

Tips Membuat Foto Produk Pakai Handphone bersama Sarah Malik

Perkembangan bisnis online di Indonesia meroket? Jelas, ini bisa dilihat dari semakin maraknya online shop yang hadir di berbagai media sosial. Mereka berlomba menarik perhatian calon konsumen dengan menampilkan foto produk yang menarik.

Foto produk katalog
Foto Produk Kerudung
Sumber: Instagram @fotoprodukkatalog

Iya, foto produk menjadi kunci utama seseorang mau melirik sebuah online shop. Media sosial online shop yang memiliki foto produk yang fresh, eye catching dan kekinian akan mudah diterima oleh calon konsumen.

Lalu, apakah foto produk itu dibuat oleh tenaga profesional? Atau, bisakah kita sebagai orang yang awam dengan dunia fotografi membuat foto produk yang bagus?

Saya pun memiliki rasa ingin tahu yang sama, hingga akhirnya mengikuti sebuah sharing melalui Zoom bersama Ibu-ibu Doyan Bisnis (IIDB) dan PT Farbe Partner Kreasi (Foto Produk Katalog).

Dari sharing bersama Sarah Malik, founder Foto Katalog Produk, saya mendapat banyak insight yang luar biasa. Ternyata, membuat foto produk dapat menggunakan handphone. Wah, ini benar-benar menarik!

Foto produk katalog

Tips Membuat Konten Digital

Pada awal sharing, Sarah Malik berbagi pengalamannya tentang membuat konten. Pengalamannya selama 10 tahun dalam dunia digital marketing memang sudah tidak diragukan lagi. FPK telah berhasil mengembangkan bisnisnya dengan melayani berbagai layanan foto produk, foto skincare, foto baju, dan media digital lainnya.

Sarah Malik memberi empat tips untuk membuat konten yang dapat menaikkan traffic di media sosial.

1. Mencari informasi melalui Google dan YouTube

Kedua portal ini akan membawa kita pada berbagai informasi yang dibutuhkan. Hanya dengan memasukkan satu kata, maka ada banyak referensi tulisan, gambar atau foto, dan video yang didapat, termasuk mencari inspirasi tentang membuat foto produk.

2. Mempelajari hashtag di media sosial

Hashtag akan berkaitan dengan mesin pencari dan tingkat popularitas sebuah konten. Kita dapat memasukkan tanda (#) ditambah dengan kata kunci, maka akan keluar berbagai konten. Selanjutnya kita dapat memilih dan memilah sesuai dengan yang diinginkan.

3. Lakukan dengan cara Amati, Tiru, Modifikasi, Metamorfosis (ATMM)

ATMM sangat penting dilakukan untuk mulai mencoba mengambil foto produk. Hasil penelusuran di Google, YouTube, Instagram atau media lainnya dapat dijadikan contoh untuk ditiru. Namun, satu hal yang harus diingat bahwa untuk berkembang dibutuhkan jiwa kreativitas. Itulah sebabnya Sarah Malik mengemukakan bahwa melalui proses mengamati, meniru dan melakukan modifikasi, maka seseorang akan dapat berubah menjadi lebih baik. 

4. Lakukan ‘Tanpa Tapi, Tanpa Nanti’

Sarah Malik juga mengingatkan untuk mengambil foto produk tanpa tapi dan nanti. Banyak orang yang punya keinginan, tetapi tidak semua mau mewujudkannya dengan segera.

“Semakin cepat semakin baik, biasanya kalau ada ide itu langsung dituangkan gitu,” ujar Sarah Malik, dikutip dari channel YouTube Rumah Teh Iin, Rabu 13 Juli 2022.

Foto produk katalog
Sumber: Instagram @fotoprodukkatalog

Cara Buat Foto Produk dengan Handphone

Sarah Malik juga memberikan beberapa tips untuk membuat foto produk dengan menggunakan handphone. Namun sebelumnya, Sarah mengingatkan jika semua tetap harus dipersiapkan dengan matang agar hasilnya juga maksimal.

1. Siapkan background

Banyak benda yang dapat dijadikan background, misalnya vitrage (bagian transparan gordein), dinding, atau pembatas ruangan yang terbuat dari rotan. Pastikan untuk memilih background dengan warna yang kontras dengan produk agar hasilnya lebih bagus.

2. Siapkan properti

Properti dibutuhkan sebagai alat bantu agar foto produk terlihat lebih estetik. Gunakan properti sederhana yang ada di rumah, tetapi sesuaikan juga dengan konsep atau tema foto produk yang sudah dibuat sebelumnya.

3. Atur pencahayaan

Cahaya akan sangat menentukan kualitas foto produk. Sebaiknya memilih tempat dengan pencahayaan yang baik. Jika pemotretan dilakukan malam hari atau dalam ruangan yang cahayanya kurang, dapat menggunakan bantuan lampu. Pastikan juga untuk mengatur posisi, agar tidak ada bayangan dalam hasil fotonya nanti.

4. Ambil foto

Pastikan proses pengambilan gambar tidak goyang. Kita bisa menggunakan tripod handphone, agar gambar lebih fokus dan stabil. Hindari juga mengambil gambar dengan mode zoom karena akan mengurangi kualitas foto.

5. Edit foto

Lakukan pengambilan gambar berulang, agar dapat dipilih hasil foto produk terbaik. Jika memang harus mengedit foto, maka tidak akan terlalu banyak. Saat ini sudah banyak sekali aplikasi editing foto yang dapat digunakan seperti Photo Room, Snapseed, Picsart, VSCO atau Adobe Express.

6. Posting foto

Setelah merasa yakin dengan hasil foto produk, maka langkah selanjutnya adalah mem-posting di media sosial. Bisa ditambahkan dengan caption menarik sehingga dapat mengundang calon konsumen untuk melihatnya.

Foto produk katalog
Sumber: Website Foto Produk Katalog

Layanan Jasa Foto Produk Katalog (FPK)

Hmm, ternyata caranya cukup mudah juga, ya? Seperti yang Sarah Malik sampaikan, bahwa harus segera action, ‘tanpa tapi tanpa nanti’.

Namun, buat teman-teman yang memang kesulitan mengatur waktu untuk membuat foto produk sendiri, bisa hubungi Foto Produk Katalog atau Instagram @fotoprodukkatalog. FPK ini memberikan banyak jasa, di antaranya:

- FPK Phososhoot

- FPK Creative Desk

- FPK Videografi

- FPK Internasional

- FPK Privatshoot

- FPK Sosmed +

Prinsipnya, selalu ada solusi untuk orang yang mau berusaha. Mau buat foto produk sendiri atau menggunakan jasa FPK, yang penting online shop-nya bisa diisi dengan gambar yang berkualitas. Benar, kan? 

Yuk, kita coba buat foto produk sendiri pakai handphone!





Komentar

  1. Belajar foto produk sendiri, tapi kalo sudah mentok, kupakai jalan ninja dengan pergi ke fotoprodukkatalog.com..he...he...

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Sad Ending Film Train to Busan

Sumber: urbanasia.com Hidup memang penuh tantangan! Family time di waktu libur pun diakhiri dengan ajakan anak-anak untuk nonton film thriller. Awalnya sempat menolak, karena saya “malu” kalau lihat tokoh yang serem dan ada darah-darahnya gitu (hehe). Tapi demi menyenangkan mereka, akhirnya saya setuju menerima tantangan mereka. Train to Busan. Entah apa juga sebabnya mereka memilih film ini. Tapi kemungkinan besar karena mereka penggemar Gong Yoo. Artis yang cukup terkenal di kalangan anak muda penggemar drakor yang katanya super ganteng n cool. Gong Yoon berperan sebagai seorang ayah yang miliki anak perempuan, Kim Su An. Kesibukan ayahnya menyebabkan protes dari Kim Su An pada hari ulang tahunnya. Sehingga dia pun meminta untuk diantar ke rumah ibunya, karena Gong Yoon telah bercerai dengan istrinya. Perjalanan pun dilakukan dengan menggunakan kereta. Pada awalnya, Kim Su An telah merasakan ada hal aneh, tapi setiap kali dia mau bercerita pada ayahnya selalu di

GRAND LAUNCHING CIMAHI MILITARY TOURISM

Lahir di Cimahi bukan berarti tahu dan mengerti seluk beluk kota ini. Walau sempat melihat dan rasakan keindahan Cimahi sejak kecil, tapi rasanya biasa saja, tak pernah usik rasa ingin tahu tentang ceritanya. Hadir di acara GRAND LAUNCHING CIMAHI MILITARY TOURISM, membuat kesadaran mulai muncul tentang cerita di balik setiap daerah. Menyimak paparan beberapa narasumber munculkan rasa ingin tahu tentang   sejarah kota Cimahi lebih detil. Apalagi setelah Ketua Komunitas Tjimahi Heritage , Machmud Mubarok menceritakan tentang sejarah singkat beberapa nama jalan di Cimahi. Rasanya ada beberapa memori yang tanpa sadar mengingat Cimahi di waktu dulu. Sekarang Cimahi banyak berubah, pembangunan banyak terjadi sehingga mulai terasa ada beberapa sudut kota yang menghilang tanpa tahu asal usulnya. Bangunan tua seperti gedung The Historich , rumah Sakit Dustira, stasiun Cimahi, Gereja Santo Ignasius, beberapa bangunan rumah di area markas TNI, dan banyak lagi yang lainnya, masih b

209 Mahasiswa Sekolah Tinggi Teknologi Bandung (STTB) Resmi di Wisuda

Sabtu, 11 Januari 2020, menjadi momen yang akan selalu dikenang oleh para wisudawan dan juga keluarga. Perjuangan selama belajar di sekolah tinggi favorit di Bandung akan terbayar setelah melakukan pengukuhan pada hari ini. Acara Wisuda STTB tahun ini digelar di Harris Hotel & Conventions Hall  Bojongloa Kaler, Kota Bandung. Rangkaian acara yang disusun dengan apik dan penuh khidmat berlangsung dari pukul 08.00 hingga pukul 12.15 WIB. Seremoni acara dimulai dengan tarian selamat datang dari Unit Seni Tari STT Bandung. Bapak Muchammad Naseer, S.Kom., M.T, selaku Ketua STT Bandung  membuka kegiatan dengan menyampaikan perkembangan dan berbagai prestasi yang telah diraih oleh mahasiswa serta dosen selama tahun 2019. Jumlah Wisudawan dan Lulusan Terbaik Tahun 2020 Foto: Yoestin Secara terperinci, 209 wisudawan pada acara hari ini terbagi berdasarkan program studi: 1.    Teknik Industri berjumlah 113. 2. Teknik Informatika berjumlah 70 orang. 3. Desain Komun