Koperasi Wangun Raharja, Salah Satu Pilar Perekonomian Kota Cimahi



Siapa yang tak kenal dengan koperasi? Badan usaha yang dikeola secara mandiri oleh anggotanya ini banyak ditemukan di lingkungan sekitar. Hampir semua wilayah, organisasi atau perusahaan memiliki koperasi sebagai wadah untuk memfasilitasi anggotanya dalam hal keuangan.

Ragam koperasi pun menjadi berkembang sesuai dengan perkembangan zaman. Saya pribadi dulu hanya mengenal koperasi sebagai tempat untuk melayani simpan pinjam saja. Namun kenyataannya sekarang semakin berkembang. Ada yang melayani perkreditan barang berupa peralatan rumah tangga, sembako, emas, kendaraan, bahkan hingga tanah ataupun rumah.

Kegiatan RAT Koperasi Wangun Raharja
Hal ini tentu akan kembali pada visi misi dan juga program yang telah ditetapkan bersama oleh para anggotanya. Bukankah kebijakan tertinggi dalam koperasi itu diperoleh dari Rapat Anggota Tahunan (RAT) yang akan dihadiri dan disepakati oleh semua anggota?

Maka sudah pasti semua program yang disusun akan mengakomodir kebutuhan serta kesanggupan para anggota untuk bertanggung jawab dan menyukseskan setiap kegiatannya.

Koperasi Wangun Raharja
Cimahi sebagai salah satu kota yang miliki tingkat perkembangan ekonomi yang pesat, tak lepas dari peran koperasi. Kehadiran koperasi turut memberikan banyak kontribusi positif untuk meningkatkan kemampuan masyarakat mengelola keuangannya dengan bijak. Koperasi juga memiliki andil dalam mengurangi jeratan bank keliling atau rentenir yang kian marak di masyarakat.
Kantor Koperasi Wangun Raharja
Koperasi Wangun Raharja, merupakan salah satu koperasi yang mulai beroperasi sejak tahun 2012. Mulai berbadan hukum pada tahun 2014 dengan nomor 141/KOPINDAGTAN/BH/XIII/24/VII/2014. Sekretariat koperasi ini terletak di Jalan Sangkuriang Barat 3, Kp. Anggaraja RT 03 RW 07 Cipageran, Cimahi Utara. 

Koperasi ini bergerak di jenis usaha simpan pinjam berupa uang, pemberian modal untuk warung, dan kredit barang elektronik. Layanan usaha ini sudah dimanfaatkan oleh 370 orang anggota yang tergabung di dalamnya.

Visi Misi Koperasi Wangun Raharja
Sebuah badan usaha akan fokus terhadap visi misi yang telah ditetapkan, sehingga dapat memberikan manfaat yang maksimal untuk semua anggotanya. Koperasi Wangun Raharja memiliki visi misi yang juga memperhatikan kepentingan dan kemajuan para anggotanya. Dengan mengusung prinsip menolong diri sendiri, gotong royong, dan disiplin.
Pengurus dan Anggota Koperasi Wangun Raharja
Kepengurusan
Koperasi Wangun Raharja memiliki susunan kepengurusan inti, yaitu:
  • Ketua: Ika Setyana
  • Sekretaris: Nenden Purwanti
  • Bendahara: Sri Mulyanti
Ketiganya bahu membahu untuk mengelola semua kegiatan Koperasi Wangun Raharja agar dapat berjalan dengan lancar.

Keanggotaan dan Jenis Simpanan
Sistem keanggotaan Koperasi Wangun Raharja bersifat terbuka, sehingga semua orang dapat bergabung. Untuk pendaftarannya sendiri tidak ada batasan, setiap saat menerima pendaftaran anggota dengan menyerahkan persyaratan standar seperti formulir pendaftaran, fotocopy KTP dan juga berkas lainnya agar dapat tertib administrasi dan menjadi arsip bagi koperasi.

Kegiatan RAT yang dilakukan dengan program rekreasi
Selain kelengkapan administrasi, ada juga syarat lainnya. Yaitu mengikuti kebijakan yang telah ditetapkan koperasi dalam melakukan pembayaran berbagai simpanan. Seperti yang telah diketahui oleh masyarakat luas, bahwa dalam koperasi terdapat tiga simpanan yang dapat dilakukan oleh setiap anggotanya. Simpanan pokok, simpanan wajib, dan simpanan sukarela.

Simpanan pokok merupakan iuran yang wajib dibayar oleh semua anggota koperasi dengan jumlah yang sama. Pembayaran simpanan pokok ini biasanya dilakukan saat akan bergabung menjadi anggota. Simpanan ini hanya dapat diambil saat anggota keluar dari koperasi.

Simpanan wajib, yaitu sejumlah uang yang harus dibayarkan oleh semua anggota koperasi dalam waktu yang telah ditetapkan. Misalnya dalam setiap bulan harus menyetorkan sejumlah uang dengan besaran yang sama. Besaran simpanan wajib dan pokok ini ditetapkan pada saat Rapat Anggota Tahunan, sehingga semua anggota harus dapat melaksanakannya untuk kepentingan bersama.

Sedangkan untuk simpanan sukarela, merupakan tabungan yang besarannya tidak ditentukan. Setiap anggota dapat menabung sesuai dengan kemampuannya. Berbeda dengan simpanan pokok dan simpanan wajib, simpanan sukarela ini dapat diambil kapan saja, karena sifatnya tidak wajib.

Koperasi Wangun Raharja memiliki kebijkaan besaran simpanan pokok sebsar Rp500.000,00 yang dibayarkan saat pendaftaran anggota dan simpanan wajib Rp20.000,00 setiap bulannya.


Program  Anak Sekolah
Selain program simpan pinjam untuk kebutuhan rumah tangga atau permodalan usaha, Koperasi Wangun Raharja juga memiliki program KOWARA Junior, tabungan khusus untuk anak-anak sekolah. Upaya ini dilakukan agar dapat membiasakan anak menabung sejak dini. Program koperasi ini menjadi solusi ketika anak-anak sulit berangkat ke bank.

Koperasi sebagai badan usaha yang ramah dengan masyarakat diharapkan dapat membantu perekonomian secara langsung dan menyentuh semua lapisan masyarakat. Menumbuhkan kesadaran untuk mengelola keuangan dengan bijak dan cara yang sehat.

Koperasi Wangun Raharja dapat menjadi rekan setia untuk lakukan berbagai kegiatan keuangan yang aman dan terpercaya. Hubungi kontak Ika Setyana di +62 852-2030-4625 untuk mendapatkan informasi lebih lanjut.

18 komentar:

  1. Program yang terakhir yaitu simpanan untuk anak sekolah menarik ya mba. Bisa jd sarana belajar nabung buat anak. Juga bisa dipakai untuk biaya masuk sekolah nantinya. Atau keperluan lain yang berhubungan dengan kebutuhan sekolah, misal beli seragam atau alat tulis. Sukses selalu untuk koperasi wangun raharja

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, Mbak, jadi ada kesempatan untuk ajarkan anak menabung, ya...

      Hapus
  2. Di desa-desa keberadaan koperasi ini memang sangat membantu warganya. Entah untuk simpan-pinjam, modal usaha atau pun perkreditan. Semoga sukses untuk koperasi wangun raharja.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Benar, Mbak, bisa bantu perekonomian masyarakat. Apalagi dengan banyaknya pinjol yang mencekik, sepertinya koperasi bisa jadi pilihan yang harus dipertimbangkan.

      Hapus
  3. Lengkap ya Koperasi Wangun Raharja, selain melayani simpan pinjam ada juga Kowara Juniornya untuk mengenalkan anak pada pengelolaan keuangan dan koperasi. Keren. Semoga makin sukses Koperasi Wangun Raharja!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Mbak, program ini pasbanget buat anak-anak. Bisa sambilajarkan untuk sisihkan uang jajannya.

      Hapus
  4. Keren banget ini Koperasi Wangun Raharja. Program Kowara Juniornya bagus banget untuk melatih anak-anak menabung. Sukses terus ya untuk Koperasi Wangun Raharja :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Mbak, daripada uangnya habis enggak karuan, lebih baik diajarkan untuk disimpan di koperasi. Nanti kalau sudah banyak bisa diajarkan juga untuk beli kebutuhan mereka.

      Hapus
  5. Dengan adanya koperasi yang berprinsip azas gotong royong emang membantu banget para anggotanya untuk terus maju, aktif, dan produktif. Sukses selalu untuk Koperasi Wangun Raharja Kota Cimahi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah, iya Mbak...Koperasi itu sebenarnya mempertahankan ciri khas bangsa Indonesia yang menjunjung tinggi kerja sama dan gotong royong, ya... Aamiin, terima kasih, Mbak

      Hapus
  6. Program Kowara Junior-nya keren, mba. Jadi ingat, zaman dulu, saat masih sekolah, saya juga punya tabungan sendiri. Semoga program ini bisa bikin anak2 gemar menabung sejak kecil

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, Mbak betul. Pembiasaan sejak dini. Aamiin, terima kasih doanya.

      Hapus
  7. Bagus nih program khusus untuk anaknya. Jarang-jarang kan ada koperasi menyasar anak, biasanya sih koperasi sekolah aja. Itu pun bener-bener cuma sarana belajar mengenalkan manfaat koperasi saja.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Mbak, jadi semua anggota keluarga bisa masuk anggota koperasi. Semua punya tabungan, semua bisa belajar bijak kelola keuangnnya, ya, hehe..

      Hapus
  8. Koperasi sebagai soko guru perekonomian sngt membantu masyarakat ya mba. Wah programnya keren yg tabungan itu mba...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul Mbak, zaman now koperasi masih bisa beri kontribusi besar untuk perekonomian masyarakat.

      Hapus
  9. Koperasi memang bner, setuju. Menjadi pilar ekonomi di suatu komunitas sih. Ada koperasi kantor, kampus, lingkungan RW, dll. Sepertinya Koperasi Wangun Raharja cukup besar ya jangkauannya. Semoga makin maju deh...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Bunda, kalau ada koperasi pasti tujuan utamanya untuk mensejahterakan anggota yang berada dalam satu lingkungan atau komunitas. Terima kasih, Bunda...

      Hapus