209 Mahasiswa Sekolah Tinggi Teknologi Bandung (STTB) Resmi di Wisuda



Sabtu, 11 Januari 2020, menjadi momen yang akan selalu dikenang oleh para wisudawan dan juga keluarga. Perjuangan selama belajar di sekolah tinggi favorit di Bandung akan terbayar setelah melakukan pengukuhan pada hari ini.

Acara Wisuda STTB tahun ini digelar di Harris Hotel & Conventions Hall Bojongloa Kaler, Kota Bandung. Rangkaian acara yang disusun dengan apik dan penuh khidmat berlangsung dari pukul 08.00 hingga pukul 12.15 WIB.

Seremoni acara dimulai dengan tarian selamat datang dari Unit Seni Tari STT Bandung. Bapak Muchammad Naseer, S.Kom., M.T, selaku Ketua STT Bandung membuka kegiatan dengan menyampaikan perkembangan dan berbagai prestasi yang telah diraih oleh mahasiswa serta dosen selama tahun 2019.

Jumlah Wisudawan dan Lulusan Terbaik Tahun 2020
Foto: Yoestin
Secara terperinci, 209 wisudawan pada acara hari ini terbagi berdasarkan program studi:
1.  Teknik Industri berjumlah 113.
2. Teknik Informatika berjumlah 70 orang.
3. Desain Komunikasi Visual berjumlah 26 orang.
Dalam mengukir sebuah prestasi selalu ada yang terbaik di antara yang baik. Tahun ini, kembali diperoleh skripsi terbaik yang disusun oleh para mahasiswa Sekolah Tinggi Teknologi Bandung (STTB), yaitu:
Program Studi Teknik Industri
Wisudawan terbaik yaitu Dheyu Laksmi Wulandari, S.T.
Skripsi terbaik:
  • Virgiawan Candra Bhakti, S.T dengan judul Perancangan dan Pengembangan Hospital Transfer Bed dengan Pendekatan Karakuri
  • Indra Rukmana, S.T. dengan judul Optimasi Produksi Dyeing Finishing dengan Metode Integer Linear Programming.
  • Zaenal Uyun, S.T. dengan judul Perbaikan Produk Meja Belajar Lipat Multifungsi Ergonomis untuk Meningkatkan Motivasi dan Semangat Belajar Menggunakan Metode Kansei Engineering.
Program Studi Teknik Informatiika

Wisudawan terbaik yaitu Muhammad Rizal Mutaqin, S.Kom
Skripsi terbaik:
  • Deri Hermawan, S. Kom dengan judul Aplikasi 3d Virtual Reality Sebagai Media BantuTerapi Acrophobia Berbasis Android.
  • Regina Sukma Citra, S.Kom dengan judul Klasifikasi Ujaran Kebencian dengan Metode Naive Bayes Classification di Sosial Media Facebook Berbasis Web.
  • Yasti Aisyah Primianjani, S.Kom dengan judul Rancang Bangun Sistem Pemutus Aliran Listrik KWH Meter Pascabayar Berbasis Web Menggunakan Mikrokontroler.
Program Studi DKV
Wisudawan terbaik yaitu Tiffani zeta d, S.DS
Skripsi terbaik: 
  • Andri Setiawan, S.DS dengan judul Perancangan Aplikasi Rencana Anggaran Biaya Membangun Rumah.
  • Bagus Arya Suseno, S.DS dengan judul Perancangan Sistem Informasi Pelayanan Publik dan Peta Wilayah RT 07 RW 08 Baleendah Kab. Bandung.
  • Luthfi alfaritzi, S.DS dengan judul Perancangan Boardgame Pengenalan Permainan Tradisional Jawa Barat Untuk Anak (usia 8-12 tahun) di Kota Bandung.
Orasi Ilmiah dari DR.Ing.Ilham Akbar Habibie, M.B.A.
Sumber: Instastory STTB
Ada yang istimewa pada acara wisuda tahun ini. Seorang inspiratif dalam dunia teknologi hadir untuk memberikan semangat dan juga dukungan pada STTB dan juga para wisudawan. Beliau adalah putra dari Bapak Teknologi, BJ. Habibi.
Pada kesempatan kali ini, Chairman PT.ILTHABI REKATAMA dan juga Ketua Tim Pelaksana Dewan TIK Nasional RI ini, memaparkan tentang Peranan Generasi Muda dalam Penerapan Teknologi dan Inovasi di Era 4.0.
Di era yang serba canggih ini, semua aspek kehidupan berkembang sangat cepat. Sehingga diperlukan percepatan yang dilakukan oleh semua stakeholder, terutama para generasi muda. Mereka dituntut untuk turut berperan aktif dalam pemberdayaan Teknologi Informasi dan Komunikasi, khususnya untuk kalangan UKM rintisan (star up).
Atas dasar inilah diperlukan Sumber Daya Manusia yang kompeten dan siap untuk melakukan tugasnya di lapangan. Tantangan dan hambatan akan dapat dilalui jika SDM yang dihasilkan unggul.
Pendidikan yang menjadi tonggak berjalannya proses pencapaian tujuan dalam menciptakan sumber daya manusia yang berkualitas ini harus mampu melakukan inovasi. Harapannya dalah SDM akan memahami mengenai keterkaitan antara teknologi, inovasi dan kewirausahaan.
Inilah yang akan menjadi modal bagi perkembangan dan kemajuan bangsa Indonesia menghadapi Era 4.0. Tak mustahil jika Indonesia dapat menjadi negara yang dapat diperhitungkan dalam kelas dunia dengan negara lainnya.
Penandatanganan MoU dengan Mitra
Sumber: Yoestin
Setiap tahun Sekolah Tinggi Teknologi Bandung selalu mengadakan kerjasama dengan berbagai perusahaan. Kali ini PT. Dirgantara Indonesia, Jasa marga dan Biofarma menandatangai surat kerjasama pada acara wisuda.
Kerjasama yang terjalin bertujuan untuk memberi kesempatan para mahasiswa untuk berkontribusi mengaplikasikan ilmunya melalui praktek langsung di dunia kerja nyata. Ini tentu akan memberi wawasan dan pengalaman berharga bagi mereka.
Acara penutupan
Sumber: Santi Rosmala
Akhir acara wisuda ini diisi dengan pembacaan janji wisuda dan pembacaan puisi untuk orang tua. Suasana haru menyelimuti seluruh ruangan. Bangga dan gembira tentu akan dirasakan oleh orang tua melihat anaknya telah berhasil menyesaikan pendidikan sarjana.
Pembacaan doa akhirnya menutup seluruh kegiatan hari ini. Semoga para wisudawan dapat berhasil mendapatkan kesempatan bekerja sesuai dengan ilmu yang telah diperoleh, serta memberikan kontribusi terbaik untuk perkembangan bangsa, khususnya dalam bidang teknologi.
Liputan offline Sekolah Tinggi Teknologi Bandung (STTB), Campus of Innovation, Campus of Technology, Campus of Design, Campus of Creativity, Campus of Future Leader.

@sttbandung
@pasukanblogger
@joeragan_artikel
#STTBandung
#WisudaXIVSTTBandung
#CampusofInnovation
#CampusofTechnology
#CampusofDesign
#CampusofCreativity
#CampusofFutureLeader


0 komentar:

Posting Komentar