Langsung ke konten utama

Manfaat USG untuk Program Hamil Sehat, Pilih 2D atau 4D?

Setiap ibu hamil sebaiknya melakukan pemeriksaan ultrasonografi (USG) dengan rutin. Pemeriksaan ini penting dilakukan agar dapat mengetahui perkembangan janin dengan lebih detil.

Bagi ibu yang sedang mengikuti program hamil sehat, pemeriksaan USG ini akan sangat membantu. Tak hanya memberi informasi tentang kondisi fisik bayi, tetapi juga menentukan treatment yang akan dilakukan.


Sumber: Pexel

Kapan Waktu yang Tepat Melakukan USG?

Banyak ibu hamil masih bingung dengan jadwal pemeriksaan USG. Nah, ternyata pemeriksaan USG tidak harus dilakukan setiap bulan. Cukup tiga kali selama periode kehamilan atau disesuaikan dengan kesehatan janin.

Informasi ini diperkuat oleh pernyataan Agus Jatmika Soegiarto, pemilik PT. Kehamilan Sehat Sejahtera, dalam channel YouTube Rumah Teh Iin.

“WHO dan Kemenkes sendiri kan memberikan saran minimal empat kali selama masa kehamilan. Trimester pertama satu, trimester kedua satu, trimester ketiganya dua kali. Menjelang persalinan itu harusnya makin rutin,” dikutip pada Kamis, 9 Juni 2022.

Sumber: Pexel

Manfaat USG

Cek kehamilan yang dilakukan setiap trimester ini memberi manfaat yang berbeda-beda, yaitu:

Trimester pertama

USG akan memberi informasi tentang detak jantung, usia kandungan, dan memastikan posisi embrio dalam rahim.

Trimester kedua

USG dapat mengetahui pertumbuhan janin seperti ukuran dan lingkar kepala yang harus sesuai dengan usianya. Pada masa ini juga dapat diketahui tentang pertumbuhan tulang belakang, otak, jantung, jenis kelamin dan keadaan janin secara keseluruhan.

Trimester ketiga

Waktu dan proses melahirkan dapat diketahui sesudah pemeriksaan USG trimester ketiga. Saat ini dapat terlihat perkembangan janin dan juga posisi plasenta dalam keadaan normal, yaitu tidak menutup mulut rahim.

Sumber: Klinik Kehamilan Sehat

Layanan USG di Klinik Kehamilan Sehat

Informasi tentang jenis USG masih belum terlalu banyak diketahui oleh para ibu. Kali ini akan diulas tentang dua jenis USG yang tersedia di Klinik Kehamilan Sehat. Dua layanan pemeriksaan ultrasonografi (USG) yang tersedia yaitu:

USG 2 Dimensi

USG 2D dilakukan melalui pemeriksaan bagian perut dan vagina. Tujuannya adalah untuk:

• Mengetahui keadaan organ janin seperti kepala, otak, jantung, ginjal, dan alat pernafasan.

• Mengontrol asupan nutrisi serta gizi untuk bayi tetap maksimal.

• Memprediksikan waktu kelahiran

Jadwal pemeriksaan USG 2D sebaiknya pada:

Trimester 1, sebelum masuk usia minggu ke-16.

Trimester 2, saat usia kandungan masuk minggu ke-24 hingga ke-28.

Trimester 3, antara usia minggu ke-30 dan ke-32.

Disarankan melakukan USG keempat, yaitu pada usia minggu ke-36 dan ke-38.

Sumber: Pexel

USG 4 Dimensi

Pemeriksaan USG 4D memiliki keunggulan dari gambar yang dihasilkan. Pada USG 4D hasil yang ditunjukkan akan lebih spesifik dan terlihat jelas pergerakan janin dalam rahim. Tujuan melakukan USG 4D adalah:

Mengetahui aktivitas janin dengan lebih jelas. Bahkan dapat diketahui ekspresi ketika sedang tersenyum, membuka mulut atau gerakan lainnya yang dilakukan saat pemeriksaan.

• Menemukan kendala atau kelainan pada janin yang mungkin terjadi dan memantau perkembangan organ vital.

• Mengecek keadaan plasenta ketika mendekati masa persalinan, memantau gerak dan letak janin.

• Mendeteksi kedaan rahim dan panggul ibu sebagai persiapan masa persalinan.

Jadwal melakukan USG 4D sebaiknya pada:

Trimester 1, dilakukan satu bulan sekali, saat janin berusia di atas 10 minggu.

Trimester 2, dilakukan satu bulan sekali, ketika janin masuk usia 13-27 minggu.

Trimester 3, dilakukan satu minggu sekali, saat usia 28-40 minggu.

Dua jenis USG ini ternyata sama-sama penting dilakukan untuk memastikan kondisi janin dan ibu tetap sehat, ya.

Baca juga: Tips Sukses Program Hamil Setelah Keguguran

Klinik Kehamilan Sehat khusus menangani program hamil dan proses persalinan normal. Tenaga medis profesional dan peralatan canggih di klinik ini akan memberi pelayanan maksimal bagi para pasiennya.

Klinik Kehamilan Sehat telah hadir di beberapa kota besar di Indonesia dengan menyediakan banyak layanan untuk para ibu yang ingin memeriksakan kehamilannya. Klinik ini memberi penawaran harga yang bersaing dengan menghadirkan beberapa layanan maksimal.

Semoga dengan pemeriksaan USG teratur, program hamil sehat para ibu dapat berjalan dengan lancar. Silakan hubungi Klinik Kehamilan Sehat melalui:

Instagram: @kehamilansehat

Website: www.kehamilansehat.com

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Sad Ending Film Train to Busan

Sumber: urbanasia.com Hidup memang penuh tantangan! Family time di waktu libur pun diakhiri dengan ajakan anak-anak untuk nonton film thriller. Awalnya sempat menolak, karena saya “malu” kalau lihat tokoh yang serem dan ada darah-darahnya gitu (hehe). Tapi demi menyenangkan mereka, akhirnya saya setuju menerima tantangan mereka. Train to Busan. Entah apa juga sebabnya mereka memilih film ini. Tapi kemungkinan besar karena mereka penggemar Gong Yoo. Artis yang cukup terkenal di kalangan anak muda penggemar drakor yang katanya super ganteng n cool. Gong Yoon berperan sebagai seorang ayah yang miliki anak perempuan, Kim Su An. Kesibukan ayahnya menyebabkan protes dari Kim Su An pada hari ulang tahunnya. Sehingga dia pun meminta untuk diantar ke rumah ibunya, karena Gong Yoon telah bercerai dengan istrinya. Perjalanan pun dilakukan dengan menggunakan kereta. Pada awalnya, Kim Su An telah merasakan ada hal aneh, tapi setiap kali dia mau bercerita pada ayahnya selalu di

GRAND LAUNCHING CIMAHI MILITARY TOURISM

Lahir di Cimahi bukan berarti tahu dan mengerti seluk beluk kota ini. Walau sempat melihat dan rasakan keindahan Cimahi sejak kecil, tapi rasanya biasa saja, tak pernah usik rasa ingin tahu tentang ceritanya. Hadir di acara GRAND LAUNCHING CIMAHI MILITARY TOURISM, membuat kesadaran mulai muncul tentang cerita di balik setiap daerah. Menyimak paparan beberapa narasumber munculkan rasa ingin tahu tentang   sejarah kota Cimahi lebih detil. Apalagi setelah Ketua Komunitas Tjimahi Heritage , Machmud Mubarok menceritakan tentang sejarah singkat beberapa nama jalan di Cimahi. Rasanya ada beberapa memori yang tanpa sadar mengingat Cimahi di waktu dulu. Sekarang Cimahi banyak berubah, pembangunan banyak terjadi sehingga mulai terasa ada beberapa sudut kota yang menghilang tanpa tahu asal usulnya. Bangunan tua seperti gedung The Historich , rumah Sakit Dustira, stasiun Cimahi, Gereja Santo Ignasius, beberapa bangunan rumah di area markas TNI, dan banyak lagi yang lainnya, masih b

209 Mahasiswa Sekolah Tinggi Teknologi Bandung (STTB) Resmi di Wisuda

Sabtu, 11 Januari 2020, menjadi momen yang akan selalu dikenang oleh para wisudawan dan juga keluarga. Perjuangan selama belajar di sekolah tinggi favorit di Bandung akan terbayar setelah melakukan pengukuhan pada hari ini. Acara Wisuda STTB tahun ini digelar di Harris Hotel & Conventions Hall  Bojongloa Kaler, Kota Bandung. Rangkaian acara yang disusun dengan apik dan penuh khidmat berlangsung dari pukul 08.00 hingga pukul 12.15 WIB. Seremoni acara dimulai dengan tarian selamat datang dari Unit Seni Tari STT Bandung. Bapak Muchammad Naseer, S.Kom., M.T, selaku Ketua STT Bandung  membuka kegiatan dengan menyampaikan perkembangan dan berbagai prestasi yang telah diraih oleh mahasiswa serta dosen selama tahun 2019. Jumlah Wisudawan dan Lulusan Terbaik Tahun 2020 Foto: Yoestin Secara terperinci, 209 wisudawan pada acara hari ini terbagi berdasarkan program studi: 1.    Teknik Industri berjumlah 113. 2. Teknik Informatika berjumlah 70 orang. 3. Desain Komun